AYO BERBAGI INFO MU..!

KABAR TERBARU DAN TERKINI DI HaiArsitk

Ratu Arsitek TERBAIK Dunia Blasteran Irak-Inggris Tutup Usia



DALAM dunia artistektur, nama Zaha Hadid sangat terkenal. Walau tidak mengenakan kerudung sepanjang hidupnya, ia beragama Islam. Siapa Zaha Hadid?

Zaha Hadid lahir pada tanggal 31 Oktober 1950, di Baghdad, Irak. Dia dibesarkan di salah satu bangunan pertama Baghdad Bauhaus-terinspirasi selama era “modernisme dikonotasikan glamor dan progresif berpikir” di Timur Tengah. Dia menerima gelar di bidang matematika dari Universitas Amerika di Beirut sebelum pindah untuk belajar di Sekolah Asosiasi Arsitektur Arsitektur di London, di mana ia bertemu Rem Koolhaas, Elia Zenghelis, dan Bernard Tschumi.

Dia bekerja untuk mantan profesornya, Koolhaas dan Zenghelis, di Kantor untuk Metropolitan Arsitektur, di Rotterdam, Belanda, ia menjadi mitra pada tahun 1977. Melalui hubungannya dengan Koolhaas, ia bertemu Peter Rice, insinyur yang memberikan dukungan dan dorongan awal pada saat pekerjaannya sepertinya sulit. Pada tahun 1980 ia mendirikan praktek sendiri yang berbasis di London. Selama tahun 1980-an ia juga mengajar di Asosiasi Arsitektur.

Arsitek Wanita Terkenal yang berani, julukan Zaha Hadid sebagai tonggak eksistensi desain-desain futuristik dan menggabungkannya dengan teknologi mambuat namanya akan terus dikenang di sepanjang masa di dunia arsitektur, latar belakangnya yang seorang ahli matematika membuat dia berani mebuat desain-desain ekstrim yang sampai saat ini kita sebut ” Arsitektur Dekonstruksi”..

Dia telah menjadi salah satu arsitek paling terkenal di dunia. Bangunannya pernah dinominasikan untuk Penghargaan bergengsi termasuk MAXXI (2010), Stasiun Kereta Api Kabel Nordpark (2008), Phaeno Science Centre (2006) dan BMW Central Building (2005).

Gaya desain Zaha bisa disebut desain yang berani, kontempror, organik, inovatif, dan menggunakan teknologi dengan material yang jauh dari kata ‘biasa’.

Zaha Hadid telah mengajar di universitas bergengsi di seluruh dunia, termasuk di Harvard Graduate School of Design, di mana dia adalah Tange Kenzo profesor dan Ketua Sullivan di University of Illinois di Chicago Sekolah Arsitektur. Dia juga menjabat sebagai profesor tamu di Hochschule für bildende Kunste Hamburg (HFBK Hamburg), Sekolah Knowlton Arsitektur di Ohio State University, Studio Master di Columbia University, dan Profesor Saarinen Eero Mengunjungi Desain Arsitektur di Yale School of Architecture .



Laporkan iklan?
Dia bernama Anggota Kehormatan American Academy of Arts dan Sastra dan Fellow Kehormatan dari American Institute of Architects. Dia telah berada di Dewan Pembina Yayasan Arsitektur. Dia saat ini adalah Profesor di University of Applied Arts Wina di Austria. Pada tahun 2002 dia memenangkan kompetisi desain internasional untuk merancang satu-utara master plan Singapura. Pada tahun 2005 desain-nya memenangkan kompetisi untuk kasino kota baru Basel, Swiss.

Pada tahun 2004 Hadid menjadi wanita Muslim pertama dan pertama penerima Pritzker Architecture Prize, setara arsitektur tentang Hadiah Nobel. Dia adalah anggota dewan redaksi Encyclopædia Britannica. Pada tahun 2006 ia mendapat kehormatan dengan retrospektif mencakup seluruh pekerjaan nya di Museum Guggenheim di New York, tahun itu ia juga menerima Gelar Kehormatan dari Universitas Amerika di Beirut. Arsitektur desain nya perusahaan, Zaha Hadid Architects, mempekerjakan lebih dari 350 orang, dan bermarkas di sebuah gedung sekolah Victoria mantan Clerkenwell, London.

Pada tahun 2008 dia peringkat 69 dalam daftar Forbes dari “100 Dunia Perempuan Paling Powerfull”. Pada tanggal 2 Januari 2009, dia adalah editor tamu pagi radio BBC program unggulan berita, Today.

Pada 2010 ia diangkat oleh Time sebagai pemikir berpengaruh dalam edisi 2010 100 WAKTU [6] Pada bulan September 2010, The Statesman majalah Inggris New terdaftar Zaha Hadid di nomor 42 dalam survei tahunan mereka dari “50 Dunia Angka Paling Berpengaruh 2010”.

Dia memenangkan Hadiah Stirling dua tahun berjalan: pada tahun 2010, untuk salah satu karyanya yang paling terkenal, yang Maxxi di Roma, dan pada tahun 2011 untuk Evelyn Rahmat Academy, sebuah sekolah Z-bentuk di Brixton, London.

Hadid adalah desainer dari Dongdaemun Desain Plaza & Taman di Seoul, Korea Selatan, yang diharapkan dapat menjadi pusat dari perayaan untuk penunjukan kota sebagai Desain World Capital 2010. Kompleks ini dijadwalkan akan selesai pada tahun 2011.

Hadid diangkat Komandan Orde dari Kerajaan Inggris (CBE) pada tahun 2002 dan Dame Panglima Orde dari Kerajaan Inggris (DBE) di 2012 Honours Ulang Tahun untuk layanan arsitektur.

Dia juga telah melakukan beberapa pekerjaan high-profile interior, termasuk Zona Pikiran dan zona Kaki di Millennium Dome di London serta menciptakan instalasi furnitur cairan dalam lingkungan Georgia klub pribadi Indeks anggota DPR di Marylebone, dan hidrogen Z.CAR bertenaga, mobil roda tiga. Pada tahun 2009 ia bekerja dengan merek pakaian Lacoste, untuk menciptakan fashion, tinggi yang baru, dan boot canggih. Pada tahun yang sama, ia juga berkolaborasi dengan Konsep Triflow produsen brassware untuk menghasilkan dua desain baru dalam tanda tangannya parametrik arsitektur gaya.

Pada tahun 2007 Zaha Hadid mendesain Sofa Bulan Sistem untuk memimpin produsen furnitur Italia B & B Italia.
SHARE

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Selamat jalan Bu terimakasih untuk karya-karyanya. sangat menginspirasi.

    ReplyDelete

JASA DESAIN & RENOVASI RUMAH DI KOTA KENDARI