AYO BERBAGI INFO MU..!

KABAR TERBARU DAN TERKINI DI HaiArsitk

Bangkitlah ENGINEER INDONESIA !!!!!

Sebentar lagi kita sudah memasuki MEA, ada yang tau apa itu MEA? MEA merupakan kependekan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN, simplenya adalah sebentar lagi kita akan memasuki era pasar bebas ASEAN. Dan itu artinya Engineer dari negara tetangga se ASEAN bebas masuk ke Indonesia begitupun sebaliknya. Sekarang pertanyaannya adalah sudah siapkah Anda sebagai Engineer menghadapi MEA yg sudah akan diberlakukan akhir tahun ini?
Engineer yang membaca literatur berbahasa Inggris saja kita sudah sangat mengeluh. Ingat teman-teman Engineer, saingan kita saat ini bukan teman satu kampus, bukan antar kampus daerah lain, tetapi sudah Engineer dari Filipina, Thailand, Singapura, Malaysia,…..Klo kita tidak mempersiapkan diri kita dari mulai sekarang, pasti kita akan jadi kacung dengan status Engineer di negeri sendiri.
Pengalaman saya, sudah banyak sekali Engineer dari negara lain yang sudah masuk ke Indonesia, dalam mengurusi suatu proyek saya sudah ketemu Engineer dari India, Korea, Jepang, China. Korea dan sudah sejak beberapa yang lalu memasukkan Engineer2 mereka ke Indonesia, mereka mulai dari proyek2 yang didanai oleh negara mereka. Saat ini klo teman2 jalan2 ke Jakarta, sudah banyak proyek2 besar yang papa  nama proyeknya oleh Kontraktor Jepang dan Korea. China juga ga mau kalah, dan lebih ekstrem lagi. Proyek2 yg didanai dari pinjaman China, tidak hanya Engineernya, sampai pekerja proyek pun didatangkan dari China.
Negara lain melihat Indonesia merupakan potensi pasar yang sangat besar. Hampir tiap tahun berapa Triliun dana yang dialokasikan untuk pembangunan. Masak kita sebagai Engineer hanya jadi penonton di negeri sendiri, atau cuma jadi staff di perusahaan asing yg mengerjakan proyek di negara kita. Saatnya kita sebagai Engineer sadar dan terus berusaha belajar dan mengembangkan ilmu dan pengetahuan kita agar tidak kalah dengan Engineer negara lain.
Jangan sampai kalah dengan Engineer Thailand, yang sudah sangat mempersiapkan diri menghadapi MEA. Bahkan di Thailand, ada mata kuliah bahasa Indonesia untuk persiapan ekspansi ke Indonesia. Pengalaman saya waktu berkunjung ke Thailand, pariwisatanya sudah sangat bagus dipersiapkan oleh negara dan masyarakatnya. Bahkan di pusat2 oleh para pedagangnya banyak yang lancar berbahasa Indonesia, guide tournya sangat fasih bahasa Indonesia walaupun orang Thailand asli. Karena mayoritas wisatawan di Thailand itu adalah dari Indonesia.
Dan waktu kemarin saya mengunjungi pameran Indobuildtech di JCC Senayan, banyak stand pameran yg diisi oleh produk China, dan yang jaga stand juga dari China. Sangat luar biasa ekspansi negara China ke negara kita. Apakah sebagai negara, kita nanti hanya sebagai negara konsumtif saja?
Semoga tulisan ini mampu menyadarkan kita sebagai Engineer untuk bangkit dan mempersiapkan diri menghadapi MEA dan berekspansi ke negara lain.
Salam ENGINEER INDONESIA 
SHARE

About Unknown

    Berikan Tanggapanmu...!
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

JASA DESAIN & RENOVASI RUMAH DI KOTA KENDARI