AYO BERBAGI INFO MU..!

KABAR TERBARU DAN TERKINI DI HaiArsitk

Workshop Bersama: Rumah Intaran & Bali Pak Eko Prawoto. Seberapa dalam kita mengenal diri sendiri?



Setiap kali Rumah Intaran mengadakan sebuah workshop, hal pertama yang ditanyakan adalah: Apa persoalan arsitektural setempat? Dan apa potensi arsitektural setempat? Keduanya adalah pintu masuk di mana kita akan menemukan banyak sekali keterkaitan dari keseluruhan dinamika arsitektur setempat.

Beberapa narasumber yang kami hubungi memaparkan situasinya:
1.       Persoalan pertama adalah kurangnya referensi bangunan-bangunan yang menarik. Hal ini tentunya masih sangat terbuka untuk diperdebatkan.
2.       Kedua adalah mindset dunia pendidikan yang sangat kuat mengacu pada perkembangan arsitektur di kota besar.
3.       Wajah kota adalah ruko-ruko yang semakin lama semakin banyak, sementara kepedulian terhadap bangunan-bangunan heritage semakin berkurang.
4.       Potensi material alami seperti bambu dan rumbia sangat banyak.
5.       Potensi kayu jati melimpah, namun dunia pertukangan tidak bergairah.
6.       Bahan baku seperti tanah liat sangat banyak, tapi tidak ada yang mengembangkan.
               
                Barangkali situasi-situasi di atas belum merupakan cerminan dari situasi mendasarnya. Akan tetapi gambaran ini cukup bagi kita untuk memberikan penyikapan awal. Apa yang kami bayangkan adalah memilih sebagian isu di atas, kemudian memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mewacanakannya, lalu sebisa mungkin memberikan gagasan pemecahan berdasarkan sudut pandang, pengalaman, dan pengetahuan yang kita miliki.   

                Atas dasar tersebut, kami akan mencoba menggali dua wacana yang kami anggap cukup penting yaitu kehidupan berketukangan dan potensi material-material setempat. Workshop yang akan diberikan akan kita batasi dengan kedua wacana tersebut. Dan mengingat isu pangan dan kesadaran konsumsi juga akan menjadi persoalan global di masa yang akan datang, setiap workshop yang dilakukan oleh Rumah Intaran akan mengupas hal tersebut sebagai bekal bagi setiap anak-anak muda di tanah air untuk berdaulat pangan di tanahnya sendiri. 

SHARE

About Unknown

    Berikan Tanggapanmu...!
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

JASA DESAIN & RENOVASI RUMAH DI KOTA KENDARI